9 Masalah Umum iCloud di iPhone dan iPad (Dan Cara Memperbaikinya)

Apakah iCloud tidak berfungsi? Inilah yang harus dilakukan jika Anda tidak dapat masuk ke iCloud, melihat kesalahan iCloud, atau memiliki masalah umum iCloud lainnya.

Siapa pun yang memiliki perangkat Apple mungkin menggunakan iCloud juga. Layanan penyimpanan cloud ini memudahkan sinkronisasi foto, kalender, dokumen, dan lainnya di semua produk Apple Anda. Tetapi jika iCloud tidak berfungsi, Anda mungkin kehilangan akses ke semua data itu!

Kami telah mengumpulkan daftar masalah iCloud yang paling umum dari seluruh web dan cara memecahkannya. Jadi, apakah Anda memiliki masalah dengan iCloud yang tidak dapat dimuat atau Anda tidak dapat masuk ke iCloud dari iPhone, Anda dapat menemukan cara memperbaiki masalah Anda di bawah ini.

1. Tidak Dapat Terhubung ke iCloud

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika perangkat Anda tidak dapat terhubung ke iCloud adalah memeriksa apakah sistem Apple semuanya online. Buka situs web Status Sistem Apple dan pastikan setiap layanan terkait iCloud memiliki lingkaran hijau di sebelahnya.

Simbol berbentuk berbeda berwarna kuning atau merah berarti Apple mengalami masalah dengan layanan itu. Jika iCloud saat ini tidak tersedia, tidak ada yang dapat Anda lakukan selain menunggu Apple untuk memperbaikinya.

Jika iCloud aktif dan berjalan, mungkin ada syarat dan ketentuan baru yang harus Anda setujui sebelum Anda dapat menyambungkannya lagi. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone atau iPad Anda dan ketuk nama Anda di bagian atas. Sebuah popup akan meminta Anda untuk menyetujui syarat dan ketentuan baru jika ada.

Jika gagal, Anda harus keluar dari iCloud di iPhone atau iPad, lalu masuk lagi. Untuk melakukan ini:

1.Buka Pengaturan > [Nama Anda].
2.Gulir ke bawah dan ketuk Keluar.
3.Jika diminta, masukkan kata sandi ID Apple Anda untuk Mematikan Cari Milik Saya.
4.Pilih data yang akan disimpan di perangkat—apa pun yang tidak disimpan akan tetap disimpan ke iCloud—lalu ketuk Keluar.
5.Kembali ke Pengaturan untuk masuk lagi menggunakan detail ID Apple Anda.

Baca Juga :   Pengumuman Segera Hadir Apple WWDC 2021: iOS 15, watchOS 8, iPadOS 15 terungkap

2. iCloud Tidak Menyinkronkan Data Antar Perangkat

Saat berfungsi, iCloud menyinkronkan semuanya tanpa upaya apa pun dari Anda. Itu berarti Anda dapat, misalnya, mengambil foto di satu perangkat dan itu akan langsung disinkronkan ke perangkat Anda yang lain.

Sayangnya, iCloud tidak selalu bekerja dengan mulus. Jika itu masalahnya, tip pemecahan masalah iCloud ini dapat memperbaikinya. Cobalah satu per satu:

Matikan perangkat Anda dan tunggu sekitar satu menit sebelum memulai ulang.
Coba streaming video di YouTube atau sejenisnya untuk menguji koneksi internet Anda. Jika lambat, restart router Anda untuk melihat apakah itu memperbaikinya.
Buka Pengaturan > [Nama Anda] di setiap perangkat dan pastikan Anda menggunakan akun ID Apple yang sama persis. Jika tidak, masuk lagi dengan detail yang benar.
Kunjungi Pengaturan > [Nama Anda] > iCloud dan nyalakan setiap layanan yang ingin Anda sinkronkan.

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, buat perubahan di aplikasi iCloud (seperti Notes) untuk menguji apakah itu disinkronkan ke perangkat Anda yang lain. Biarkan 10 menit atau lebih untuk iCloud untuk menyinkronkan data Anda.

3. Aplikasi Pihak Ketiga Jangan Simpan ke iCloud

Beberapa aplikasi pihak ketiga menyimpan data ke iCloud, memungkinkan mereka untuk menyinkronkan di semua perangkat Apple Anda. Mereka biasanya melakukan ini secara otomatis, tetapi jika aplikasi tidak menyinkronkan seperti yang Anda harapkan, Anda mungkin perlu mengubah pengaturan sendiri.

Periksa pengaturan sinkronisasi iCloud di setiap perangkat Apple Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1.Buka Pengaturan > [Nama Anda] > iCloud.
2. Gulir daftar dan nyalakan aplikasi yang ingin Anda sinkronkan melalui iCloud.
3.Jika aplikasi tidak ada dalam daftar, hubungi pengembang untuk mendapatkan dukungan lebih lanjut.

Anda tidak perlu mengaktifkan setiap aplikasi dalam daftar ini—hanya aplikasi yang benar-benar ingin Anda gunakan dengan iCloud.

4. Pengaturan iCloud Anda Jangan Pernah Berhenti Memperbarui

Layar pemuatan terus-menerus ini biasanya muncul jika Anda tidak dapat masuk ke iCloud di iPhone atau iPad, sering kali selama penyiapan perangkat baru. Tunggu setidaknya lima menit sebelum mencoba memperbaikinya.

Terkadang peringatan mengatakan Anda tidak dapat masuk karena masalah saat berkomunikasi dengan iCloud. Jika Anda masih terjebak di layar pengaturan iCloud yang diperbarui setelah lima menit:

Baca Juga :   Pengumuman Segera Hadir Apple WWDC 2021: iOS 15, watchOS 8, iPadOS 15 terungkap

-Matikan perangkat Anda dan tunggu sekitar satu menit sebelum memulai ulang.
-Jika perangkat Anda tidak responsif, ikuti langkah-langkah untuk memaksa memulai ulang iPhone atau iPad Anda.
-Setelah memulai ulang perangkat Anda, buka Pengaturan dan coba masuk ke iCloud lagi.

5. Kesalahan Otentikasi iCloud Muncul Saat Anda Masuk

Sering kali, saat Anda tidak dapat masuk ke iCloud, itu karena Anda memasukkan nama pengguna atau kata sandi yang salah. Tetapi terkadang Kesalahan Otentikasi muncul bahkan ketika Anda menggunakan kredensial yang benar.

Jika Anda mendapatkan pesan ini, atau pesan otentikasi gagal serupa:

-Buka situs web ID Apple.
-Gunakan nama pengguna dan kata sandi ID Apple Anda untuk masuk.
-Jika Anda masih tidak dapat masuk, klik Lupa ID Apple atau kata sandi Anda? untuk mengatur ulang detail login Anda.

6. iCloud Mengatakan Anda Memiliki Perangkat yang Tidak Didukung atau ID Apple

Anda mungkin telah membuat ID Apple dalam keadaan yang tidak biasa, yang dapat menyebabkan masalah dengan iCloud. Biasanya, jika ID Apple berfungsi dengan layanan Apple lainnya—seperti App Store atau iTunes—itu juga tidak akan memiliki masalah dengan iCloud.

Demikian pula, masalah dengan perangkat Anda dapat menyebabkan iCloud menganggapnya tidak didukung.

Jika ID Apple Anda tidak berfungsi dengan layanan Apple mana pun, atau jika tidak ada ID Apple yang berfungsi dengan perangkat Anda, hubungi Dukungan Apple secara langsung.

7. Anda Kehabisan Penyimpanan iCloud

Apple memberi semua orang penyimpanan iCloud 5GB secara gratis, tetapi itu biasanya tidak cukup untuk bertahan lama. Saat Anda kehabisan penyimpanan iCloud, ada dua cara untuk memperbaikinya: kosongkan sebagian ruang di akun iCloud Anda, atau beli lebih banyak penyimpanan iCloud.

Jika Anda ingin membuat lebih banyak ruang kosong, cari tahu cara mengelola penyimpanan iCloud dan menghapus beberapa konten di sana.

Jika tidak, ikuti petunjuk ini untuk membeli lebih banyak penyimpanan iCloud:

1.Buka Pengaturan > [Nama Anda] > iCloud > Kelola Penyimpanan.
2.Pilih Ubah Paket Penyimpanan.
3.Pilih opsi peningkatan penyimpanan Anda dari daftar dan masukkan kata sandi 4.Apple ID Anda untuk mengonfirmasi langganan bulanan.
Apple segera menagih Anda, dan penyimpanan segera tersedia.

Jika Anda tidak dapat meningkatkan penyimpanan iCloud, periksa metode pembayaran ID Apple Anda dengan membuka Pengaturan > [Nama Anda] > Pembayaran & Pengiriman.

8. Verifikasi Gagal Saat Anda Masuk atau Keluar dari iCloud

Anda mungkin tidak dapat masuk ke iCloud di iPhone atau iPad karena Verifikasi Gagal. Terkadang, Anda juga tidak dapat keluar dari iCloud karena alasan yang sama. Ini sering menjadi masalah dengan koneksi internet Anda atau detail login ID Apple.

Baca Juga :   Pengumuman Segera Hadir Apple WWDC 2021: iOS 15, watchOS 8, iPadOS 15 terungkap

Ada beberapa cara untuk memperbaikinya:

1.Matikan perangkat Anda dan tunggu sekitar satu menit sebelum memulai ulang.
2.Coba streaming video di YouTube atau situs lain untuk menguji koneksi internet Anda. Jika lambat, restart router Anda untuk melihat apakah itu memperbaikinya.
3.Pastikan tanggal dan waktu perangkat Anda sudah benar dengan membuka Pengaturan > Umum > Tanggal & Waktu. Aktifkan opsi untuk Mengatur Secara Otomatis jika belum.
4.Jika Anda memiliki perangkat lain yang menggunakan ID Apple yang sama, buka Pengaturan > [Nama Anda] > Kata Sandi & Keamanan > Dapatkan kode verifikasi. Anda perlu menggunakan kode ini untuk masuk jika menggunakan autentikasi dua faktor dengan iCloud.

9. iPhone atau iPad Anda Terus Meminta Kata Sandi iCloud

Anda sedang menggunakan iPhone atau iPad saat muncul prompt yang meminta Anda untuk memasukkan kredensial iCloud Anda. Anda melakukan itu, tetapi beberapa saat kemudian muncul lagi, lalu lagi, dan seterusnya.

Ini adalah masalah iCloud lama yang masih muncul dari waktu ke waktu. Salah satu tips pemecahan masalah iCloud ini dapat memperbaikinya:

Matikan perangkat Anda dan tunggu sekitar satu menit sebelum memulai ulang.
-Buka Pengaturan > [Nama Anda] > Keluar, lalu pilih untuk tidak menyimpan data apa pun di perangkat Anda. Setelah keluar, kembali ke Pengaturan dan Masuk lagi.
-Kunjungi situs web Status Sistem Apple untuk memastikan iCloud berfungsi dengan baik.
-Kunjungi situs web iForgot Apple untuk mengatur ulang kata sandi ID Apple Anda, lalu masuk ke iCloud di iPhone atau iPad Anda menggunakan kata sandi baru.
-Terakhir, buat cadangan dan pulihkan iPhone Anda. Proses ini bisa memakan waktu, jadi simpanlah untuk pilihan terakhir setelah yang lainnya.

Perbaiki Masalah iCloud Sehingga Anda Dapat Mencadangkan Perangkat Anda
Apa pun situasinya, selalu mengganggu ketika masalah iCloud mengakibatkan layanan tidak berfungsi dengan baik. Sekarang Anda sekarang cara menghapus kesalahan iCloud yang paling sering terjadi.

Tetapi jika iPhone atau iPad Anda juga tidak dapat mencadangkan ke iCloud, Anda mungkin menghadapi risiko kehilangan data yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *