Cara Menggunakan Chatbot Facebook Messenger untuk Perekrutan dan SDM

Chatbots dapat membantu memangkas biaya, menghemat waktu, dan meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda. Tetapi mereka juga dapat merampingkan tugas lain untuk membantu organisasi Anda berhasil: merekrut dan merekrut bakat baru.

Bot Messenger dapat mengotomatiskan berbagai bagian dari proses rekrutmen. Itu dapat menerima dan menyortir aplikasi, menjadwalkan wawancara, dan banyak lagi. Anda bahkan dapat mengintegrasikan bot Anda dengan Pekerjaan Facebook untuk secara otomatis menindaklanjuti pelamar.

Inilah panduan Anda tentang apa yang dapat dilakukan oleh chatbot perekrutan. Anda juga akan menemukan tip untuk membangunnya sendiri, dan beberapa contoh chatbot HR tentang bagaimana perekrut lain dan telah melakukannya.

Jenis bisnis yang dapat memanfaatkan bot HR Messenger

Bot Messenger dapat memengaruhi proses perekrutan bisnis apa pun yang mempekerjakan karyawan baru, terlepas dari:

-Ukuran. Departemen SDM untuk perusahaan besar mungkin kesulitan menangani volume aplikasi yang begitu banyak. Bot dapat membantu memilah-milah mereka dan memilih kandidat yang paling memenuhi syarat dengan cepat dan efisien. Perekrut untuk perusahaan kecil, di sisi lain, dapat menggunakan bot untuk menjawab FAQ. Dengan begitu, mereka dapat mengalihkan fokus mereka ke banyak tugas lain di piring mereka.

-Posisi. Anda dapat menggunakan chatbot untuk membantu mempekerjakan peran internal, outsourcing, atau jarak jauh dari tingkat atau jenis apa pun. Anda dapat menyesuaikan semua yang dikatakan dan dilakukan bot, sehingga sangat cocok dengan posisi yang ingin Anda isi.

-Industri. Bisnis lintas industri dapat menggunakan bot rekrutmen, tetapi jenis organisasi lain juga dapat memanfaatkannya. Lembaga nonprofit dapat menggunakan chatbot untuk merekrut sukarelawan baru, misalnya. Atau, universitas dapat menggunakannya untuk menerima dan memenuhi syarat aplikasi siswa.

Bagaimana chatbot dapat merampingkan proses rekrutmen Anda

Chatbots Facebook Messenger dapat mempermudah perekrutan dan perekrutan baik bagi karyawan SDM maupun pencari kerja. Mereka bisa:

-Kumpulkan informasi dari kandidat Dengan plugin Save User Input Chatfuel, chatbot Anda dapat menerima informasi kontak, resume, dan materi lainnya dari pelamar. Semua data ini akan disimpan sebagai atribut pengguna di tab Orang Chatfuel untuk pencarian dan penyortiran sederhana. Anda juga dapat mengekspor informasi ini ke Google Sheet untuk analisis atau peringkat kandidat yang lebih mudah.

Baca Juga :   Rekomendasi Aplikasi Download Video Facebook

-Ajukan pertanyaan saringan Bot Anda dapat mengajukan sejumlah pertanyaan kualifikasi kepada pelamar, seperti yang terkait dengan pengalaman, keterampilan, atau lokasi. Anda bahkan dapat meminta bot Anda mengirimkan email informasi pelamar ke manajer sumber daya manusia jika mereka lulus semua pertanyaan kualifikasi. Kemudian, manajer dapat menindaklanjuti dengan kandidat yang paling menjanjikan secara pribadi.

-Jawab FAQ 24/7 Manajer SDM tidak perlu lagi membuang waktu untuk menjawab pertanyaan yang sama berulang-ulang. Bot sangat bagus dalam menanggapi FAQ tentang pekerjaan atau proses perekrutan. Plus, mereka tersedia untuk ini kapan saja, 24/7.

-Jadwalkan wawancara ️ Gunakan Zapier untuk mengintegrasikan kalender atau sistem penjadwalan Anda dengan bot Anda. Izinkan pengguna untuk dengan mudah mendaftar ke slot wawancara, tanpa memainkan tag telepon atau menunggu tanggapan email. (Pemilih Tanggal adalah alat yang hebat untuk digunakan untuk ini.) Bot Anda dapat mengirim pengingat kepada pengguna ketika slot mereka juga akan datang.

Akhirnya, chatbot rekrutmen juga menciptakan pengalaman yang lebih nyaman bagi pelamar. Itu memudahkan mereka untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan. Ini juga menawarkan bentuk komunikasi baru yang menarik dan instan dengan calon pemberi kerja. Jadi, tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis atau departemen Anda, bot dapat membantu Anda menonjol dari perusahaan lain yang bersaing untuk bakat yang sama.

Mengintegrasikan dengan Pekerjaan Facebook

Anda dapat menyematkan bot di halaman pekerjaan situs web Anda menggunakan Titik Masuk Obrolan Pelanggan. Atau, Anda dapat mengintegrasikannya dengan Facebook Jobs.

Facebook memiliki hampir 2,5 miliar pengguna aktif bulanan. Kemungkinannya adalah karyawan hebat Anda berikutnya sudah menghabiskan waktu di platform, jadi masuk akal untuk mencari mereka di sana melalui Facebook Jobs. Ini memungkinkan Anda memposting pekerjaan di halaman bisnis Anda, menerima dan meninjau aplikasi, dan menghubungi prospek melalui Messenger—atau bot Messenger.

Anda dapat mengatur bot Anda untuk mengirim respons otomatis ke kandidat mana pun yang mendaftar ke salah satu postingan Anda. Ini menegaskan pencari kerja bahwa aplikasi mereka telah diterima, dan dapat memberi tahu mereka tentang langkah selanjutnya atau informasi tambahan. Berikut cara mengaturnya:

Baca Juga :   Script Hack FB Untuk Hack Akun Facebook dengan Mudah

-Aktifkan respons otomatis. Buka kotak masuk Messenger untuk halaman bisnis Facebook Anda. Temukan Respons Otomatis, lalu pilih Messenger. Bagian yang disebut Komunikasikan tentang pekerjaan Anda akan muncul di sana, dan Anda akan melihat opsi untuk mengaktifkan Aplikasi diterima.

-Tulis teks pesan yang akan dikirim bot Anda. Tetap singkat, tetapi bermanfaat dan informatif. Sertakan detail tentang jadwal atau langkah selanjutnya sehingga kandidat tahu apa yang diharapkan.

-Tambahkan tombol (opsional). Anda dapat menyertakan tombol untuk mengikuti pesan jika Anda mau. Itu dapat menautkan ke URL, seperti halaman di situs web Anda tempat mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda. Atau, tombol tersebut dapat menautkan ke blok di bot Anda. Ini bisa berupa FAQ tentang budaya atau proses perekrutan, kuis tentang perusahaan, atau jenis konten lain yang Anda pilih.

Trik untuk mengoptimalkan chatbot perekrutan Anda

Ikuti praktik terbaik ini untuk memaksimalkan efisiensi bot HR Anda:

-Menjadi kreatif. Bot rekrutmen Anda akan membentuk kesan pertama perusahaan Anda bagi sebagian besar pelamar. Rancang untuk tipe karyawan yang ingin Anda tarik. Pastikan juga bot Anda akan mewakili budaya perusahaan Anda dengan benar. Beri nama dan personanya dan buat itu ramah! Sertakan GIF dan emoji jika sesuai untuk pengalaman yang lebih menarik dan ramah.

-Berikan pengalaman yang disesuaikan untuk tipe pelamar yang berbeda. Mungkin pelamar entry level memiliki tugas tambahan yang harus dilakukan sebelum sampai ke proses wawancara. Atau mungkin pelamar tingkat senior mendapatkan wawancara undangan langsung lebih cepat. Buat alur yang berbeda untuk mengakomodasi pelamar dari berbagai jenis yang Anda harapkan.

-Sertakan FAQ. Catat pertanyaan yang paling sering diajukan pelamar dalam proses rekrutmen Anda saat ini, dan lengkapi bot Anda dengan jawaban untuk itu. Sertakan sebanyak mungkin informasi bermanfaat, seperti alamat kantor, catatan tentang budaya tim, detail tentang tunjangan dan manfaat, dll.

-Bersiaplah untuk masuk. Anda mungkin ingin memiliki jendela waktu setiap hari ketika ada agen SDM yang tersedia juga. Dengan plugin Obrolan Langsung, agen dapat langsung menjawab pertanyaan rumit atau yang dipersonalisasi jika bot macet.

Baca Juga :   Script Hack FB Untuk Hack Akun Facebook dengan Mudah

-Hubungkan bot Anda ke iklan Facebook. Jika Anda menggunakan iklan Facebook untuk mempromosikan lowongan pekerjaan Anda, pikirkan tentang menghubungkan bot Anda dengan mereka. Itu dapat segera melibatkan dan bahkan memenuhi syarat siapa pun yang mengkliknya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kandidat yang lebih berkualitas dengan lebih mudah.

-Pertimbangkan kegunaan lain. Chatbots sangat bagus untuk perekrutan, tetapi juga dapat digunakan setelah karyawan dipekerjakan. Bot Messenger dapat membantu orientasi, pelatihan, dan retensi karyawan.

-Atur milik Anda dengan FAQ tentang buku pegangan karyawan, misalnya. Atau, lengkapi untuk mengirim peringatan dan pengingat ke seluruh perusahaan tentang hal-hal seperti liburan dan rapat.
Bot HR dari pengguna Chatfuel

Mencari inspirasi untuk bot sumber daya manusia Anda? Lihat bagaimana klien Chatfuel menggunakannya.

Pertama, periksa bot rekrutmen yang dibuat oleh pengguna Chatfuel. Ini ditujukan untuk mereka yang mencari pekerjaan mengemudi truk di AS. Ini menjawab FAQ tentang lowongan dan proses aplikasi, dan dapat mencari posisi yang tersedia secara instan. “Kami mengatur ini untuk perekrut sehingga mereka tidak perlu membuang waktu. Mereka dapat merampingkan ke prospek teratas lebih cepat, ”kata Manajer Periklanan Media Sosial dari agensi pemasaran yang membuat bot.

Bot ini memudahkan proses rekrutmen bagi kedua belah pihak.

Agensi menghubungkan bot ke kampanye iklan Facebook, dan hasilnya eksplosif. Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di bawah, ini membantu ribuan kandidat menemukan pekerjaan. Ini juga menghemat ratusan jam perusahaan dalam proses rekrutmen secara keseluruhan.

Mencari lebih banyak inspirasi? Mengobrol dengan bot HR yang dibuat oleh klien Chatfuel lainnya, seperti Rosa Recruits dan Neh Thit.

Merampingkan proses perekrutan dengan chatbot

Profesional HR yang sibuk: Anda akan senang mengetahui bahwa Anda dapat membuat chatbot rekrutmen sederhana di sore hari. Anda juga tidak memerlukan pengetahuan pengkodean atau keterampilan khusus lainnya untuk membangun bot SDM dengan Chatfuel. Itulah fungsi Chatfuel: membuat pembuatan chatbot menjadi mudah, terlepas dari keahlian Anda atau pengalaman sebelumnya. Siap untuk memulai? Daftar akun Chatfuel gratis Anda hari ini. Kemudian, saat Anda siap untuk pengguna tak terbatas, dukungan prioritas, dan fasilitas lainnya, tingkatkan ke Pro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *